Misalnya, ketika muncul notifikasi di ponsel pintar, ketika gawai berbunyi, pengguna akan secara reflek membukanya.
Saat ini, berbagai media sosial dan layanan digital berlomba-lomba memanggil pengguna melalui notifikasi.
Baca Juga:
Penelitian Ungkap Fakta Baru, Konsumen Bahagia Lebih Sering Klik Iklan dan Borong Produk
Keenam, adanya hubungan sosial yang erat di dunia maya sehingga orang terdorong untuk selalu berinteraksi setiap saat.
Misalnya, pada suatu komunitas hobi atau minat tertentu, ada juga relasi antarpemain gim daring yang menghabiskan waktu berjam-jam bermain bersama.
Setiap bentuk media dan gawai memiliki satu atau lebih faktor yang mendorong penggunanya mengalami kecanduan.
Baca Juga:
NielsenIQ Indonesia: Konsumen Lebih Memilih Belanja Online di 2023
Semakin beragam faktor yang dimiliki, pengguna akan lebih mudah tertarik dan lebih sulit untuk lepas dari candu tersebut.
Mengelola Candu